Dragonball Online Mouse Pointer Green RUMUS UNTUK MENGUKUR PERMINTAAN PASAR SAAT INI ~ Blogger Adalah Jendela Dunia

Wednesday, 27 July 2016

RUMUS UNTUK MENGUKUR PERMINTAAN PASAR SAAT INI


1.     RUMUS I

a)      Menghitung jumlah permintaan dalam negeri secara pasti, tidak mudah dilakukan.
b)      Oleh karena itu untuk meng"kirakira" jumlah permintaan tahunan dalam negeri (Co), dapat dipergunakan rumus yang berikut.
          Co = P + (I E) + (So Se)
          Dimana:
          P = jumlah produksi dalam negeri,
          I = jumlah impor,
          E = ekspor,
          So = jumlah persediaan nasional awal tahun,
          Se = jumlah persediaan nasional pada akhir tahun.

2.     RUMUS II

a)      Mengestimasi Total Permintaan Pasar.
b)      Total permintaan pasar suatu produk adalah total volume yang dibeli oleh sekelompok konsumen tertentu dalam suatu wilayah geografis tertentu selama jangka waktu tertentu dalam suatu lingkungan pemasaran tertentu.
c)      Salah satu metode praktis untuk mengestimasi total permintaan pasar adalah dengan menggunakan persamaan:
            Q = n • p • q
            dimana:
            Q = total permintaan pasar
            n = jumlah pembeli di pasar
            p = harga ratarata satuan
            q = jumlah yang dibeli oleh ratarata pembeli per tahun

3.     RUMUS III

Mengestimasi Wilayah Permintaan Pasar.
Dalam hal memilih wilayah yang terbaik, serta mengalokasikan anggaran pemasaran yang optimal, dapat dilakukan dengan dua metode,  yaitu metode MarketBuild Up dan Market Factor Index.
a)      Metode MarketBuildUp digunakan terutama oleh perusahaan barang industri untuk mengidentifikasi semua pembeli potensial dalam setiap pasar dan mengestimasikan pembelian potensialnya.
b)      Metode Market Factor Index digunakan terutama oleh perusahaan barang konsumsi, dengan mengidentifikasi faktorfaktor pasar yang ada korelasinya dengan potensi dan menggabungkannya ke dalam sebuah indeks tertimbang.

4.     RUMUS IV

Mengestimasi Penjualan Aktual dan Pangsa Pasar.
a)      Perusahaan perlu mengetahui penjualan sebenarnya dari industri bersangkutan yang terjadi di pasar.
b)      Jadi ia harus mengidentifikasi para pesaingnya dan mengestimasi penjualan mereka.
c)      Data dapat dikumpulkan baik dari asosiasi atau dari lembaga riset.

5.     RUMUS V

a)      Analisis Segmen Pasar.
b)      Untuk produkproduk tertentu (misalnya produk konsumtif massal), disamping angka permintaan nasional diperlukan pula analisis permintaan tiap bagian atau segmen pasar.
c)      Analisis permintaan tiap segmen pasar tersebut diperlukan, agar tim studi kelayakan proyek dapat menyusun perkiraan jumlah permintaan produk secara lebih akurat.
d)     Di samping itu hasil analisis permintaan tiap segmen pasar, dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk menyusun strategi pemasaran produk,  pada saat proyek yang bersangkutan telah mulai beroperasi.
e)      Pasar dapat dibagi menjadi beberapa segmen, berdasarkan kriteria tertentu.
f)       Misalnya, berdasarkan tempat letak geografis, ada pasar dalam kota dan luar kota, atau pasar dalam negeri dan luar negeri.
g)      Berdasarkan perbedaan status sosial konsumen, misalnya pasar golongan penduduk kelas bawah, menengah dan atas.




1 comment:

  1. itu gimana cara menghitungnya, arti . nya itu apa, sebaiknya dikasih contoh soal dan cara menjawabnya

    ReplyDelete

 
Back to top