KEBUTUHAN PELANGGAN
OLEH : ABI ZAINUR MUZAKKI (Kademangan,
Blitar)
1.
PERMINTAAN
PELANGGAN ATAS PROYEK
Secara garis besarnya terdapat
tiga tingkatan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, yaitu asumsi,
spesifikasi, dan kesenangan.
a.
Asumsi
Harapan pelanggan pada tingkat
pertama berwujud asumsi. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu menyediakan buku-buku
pelajaran SMK.”
b.
Spesifikasi
Pada tingkat kedua harapan
pelanggan berupa spesifikasi, yaitu kepuasan yang dicerminkan oleh pemenuhan
standar pelayanan. Misalnya, “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh
perhatian oleh pemilik toko buku itu.”
c.
Kesenangan
Pada tingkat ketiga, harapan pelanggan berupa
kesenangan. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu memberikan bonus.” (Jenis-jenis
Kebutuhan Pelanggan, 2013)
2.
PANGSA
PASAR
Pangsa Pasar adalah
strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam
himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau
yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan
kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi
segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya
menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana
pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu.
Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan
dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada
permintaan spesifik dan atribut dari target segmen. (Pengertian,
Contoh Dan Teori Pangsa Pasar, 2015)
3.
FAKTOR
LINGKUNGAN EKSTERNAL
Dalam aspek pemasaran
juga perlu mempelajari tentang faktor persaingan, baik mengenai usaha yang
telah ada maupun usaha yang mungkin didirikan pada masa yang akan datang,
terutama yang menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, sumber modal,
kebijakan yang digunakan, peranannya dalam menguasai konsumen, serta kelemahan
dan keunggulan para pesaing. (Romadaniat, 2012)
Mungkin dengan adanya
informasi tentang saingan, kita akan memutuskan tidak dapat bersaing atau
dengan adanya informasi saingan, ternyata usaha yang didirikan lebih unggul
dibandingkan dengan perusahaan saingam. Demikian pula mungkin dengan adanya
informasi tentang saingan, usaha yang akan didirikan dapat disempurnakan dari
kelemahan-kelemahan saingan. (Zain, 2015)
Beikut merupakan cara
mudah memahami kebutuhan pelanggan
1.
Mengetahui
karakter pelanggan
2.
Membuat
hipotesis
3.
Segera
eksekusi
4.
Jangan
hanya terpaku data
5.
Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan
sikap yang empat
6.
Menghindari sikap mencari-cari alas an
7.
Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran
yang keliru tentang pelangga
8.
Berusaha dengan penuh perhatian untuk
mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
9.
Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak
lupa
10. Menanyakan
kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
11. Memberikan
penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang
yang akan dibeli oleh pelanggan
Klik Untuk Copas dan Melihat Artikel Secara KeseluruhanKalau Ingin Copas Dari Blog Ini Mohon Izin dengan Chat dan Komentar Di Bawah Ini, Karena Hanya untuk Postingan Ini Saya Di Marahin MAMA Tersayang.
abizainurmuzakki@gmail.com
DAFTAR PUSTAKA
Jenis-jenis Kebutuhan Pelanggan. (2013, July 30). Retrieved Agustus 04, 2016, from
TERBARU UPDATE 2016:
http://www.terbaru7.com/2013/07/jenis-jenis-kebutuhan-pelanggan.html
Pengertian, Contoh Dan Teori Pangsa Pasar. (2015, Juni 30). Retrieved Agustus 04, 2016, from blog:
http://blog.bersiap.com/informasi/pengertian-contoh-dan-teori-pangsa-pasar-
Maddy, K. (2009, 10 30). Mendengarkan dan memahami
kebutuhan pelanggan. Retrieved Agustus 04, 2016, from BLOG BISNIS :
WIRAUSAHA: http://ammarawirausaha.blogspot.co.id/2009/10/mendengarkan-dan-memahami-kebutuhan.html
Romadaniat, N. (2012, December 20). Aspek Pasar dan
Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. Retrieved Agustus 04, 2016, from
Nia Romadaniati Maramis: http://niia1993.blogspot.co.id/2012/12/aspek-pasar-dan-pemasaran-dalam-studi.html
Zain. (2015). 5 Cara Mudah Memahami Kebutuhan Pelanggan.
Retrieved Agustus 04, 2016, from studentpreneur:
https://studentpreneur.co/blog/5-cara-mudah-memahami-kebutuhan-pelanggan/
ABOUT ME
“Always Be The Best”
Nama : Abi Zainur Muzakki
TTL : Blitar, 30 Juni 1998
Alamat : Rt.03 / Rw.06, Dsn. Klece, Kec. Kademangan,
Kel. Kademangan, Blitar, Indonesia.
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR.
0 komentar:
Post a Comment