Dragonball Online Mouse Pointer Green KEBUTUHAN PELANGGAN ~ Blogger Adalah Jendela Dunia

Wednesday, 3 August 2016

KEBUTUHAN PELANGGAN

KEBUTUHAN PELANGGAN
OLEH : ABI ZAINUR MUZAKKI (Kademangan, Blitar)

1.      PERMINTAAN PELANGGAN ATAS PROYEK

Secara garis besarnya terdapat tiga tingkatan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, yaitu asumsi, spesifikasi, dan kesenangan.
a.      Asumsi
Harapan pelanggan pada tingkat pertama berwujud asumsi. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu menyediakan buku-buku pelajaran SMK.”
b.      Spesifikasi
Pada tingkat kedua harapan pelanggan berupa spesifikasi, yaitu kepuasan yang dicerminkan oleh pemenuhan standar pelayanan. Misalnya, “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh perhatian oleh pemilik toko buku itu.”
c.       Kesenangan
Pada tingkat ketiga, harapan pelanggan berupa kesenangan. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu memberikan bonus.” (Jenis-jenis Kebutuhan Pelanggan, 2013)

2.      PANGSA PASAR

Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen. (Pengertian, Contoh Dan Teori Pangsa Pasar, 2015)

3.      FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL

Dalam aspek pemasaran juga perlu mempelajari tentang faktor persaingan, baik mengenai usaha yang telah ada maupun usaha yang mungkin didirikan pada masa yang akan datang, terutama yang menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, sumber modal, kebijakan yang digunakan, peranannya dalam menguasai konsumen, serta kelemahan dan keunggulan para pesaing. (Romadaniat, 2012)
Mungkin dengan adanya informasi tentang saingan, kita akan memutuskan tidak dapat bersaing atau dengan adanya informasi saingan, ternyata usaha yang didirikan lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan saingam. Demikian pula mungkin dengan adanya informasi tentang saingan, usaha yang akan didirikan dapat disempurnakan dari kelemahan-kelemahan saingan. (Zain, 2015)
Beikut merupakan cara mudah memahami kebutuhan pelanggan
1.      Mengetahui karakter pelanggan
2.      Membuat hipotesis
3.      Segera eksekusi
4.      Jangan hanya terpaku data
5.      Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
6.      Menghindari sikap mencari-cari alas an
7.      Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelangga
8.      Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
9.      Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
10.  Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
11.  Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan
(Maddy, 2009)



Kalau Ingin Copas Dari Blog Ini Mohon Izin dengan Chat dan Komentar Di Bawah Ini, Karena Hanya untuk Postingan Ini Saya Di Marahin MAMA Tersayang. 
 Klik Untuk Copas dan Melihat Artikel Secara Keseluruhan  
 abizainurmuzakki@gmail.com 



DAFTAR PUSTAKA

Jenis-jenis Kebutuhan Pelanggan. (2013, July 30). Retrieved Agustus 04, 2016, from TERBARU UPDATE 2016: http://www.terbaru7.com/2013/07/jenis-jenis-kebutuhan-pelanggan.html
Pengertian, Contoh Dan Teori Pangsa Pasar. (2015, Juni 30). Retrieved Agustus 04, 2016, from blog: http://blog.bersiap.com/informasi/pengertian-contoh-dan-teori-pangsa-pasar-
Maddy, K. (2009, 10 30). Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan. Retrieved Agustus 04, 2016, from BLOG BISNIS : WIRAUSAHA: http://ammarawirausaha.blogspot.co.id/2009/10/mendengarkan-dan-memahami-kebutuhan.html
Romadaniat, N. (2012, December 20). Aspek Pasar dan Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. Retrieved Agustus 04, 2016, from Nia Romadaniati Maramis: http://niia1993.blogspot.co.id/2012/12/aspek-pasar-dan-pemasaran-dalam-studi.html
Zain. (2015). 5 Cara Mudah Memahami Kebutuhan Pelanggan. Retrieved Agustus 04, 2016, from studentpreneur: https://studentpreneur.co/blog/5-cara-mudah-memahami-kebutuhan-pelanggan/

ABOUT ME


“Always Be The Best”
    Nama        : Abi Zainur Muzakki
    TTL            : Blitar, 30 Juni 1998
    Alamat      : Rt.03 / Rw.06, Dsn. Klece, Kec. Kademangan,
                           Kel. Kademangan, Blitar, Indonesia.
     Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR.

















0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top