PEMBENTUKAN TIM KERJA
Oleh : Abi Zainur Muzakki (Kademangan, Blitar)
1. Alasan
Membentuk TIM KERJA
Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mau bergabung dalam
kelompok, diantaranya :
a) Rasa aman.
b) Status dan harga diri.
c) Interaksi dan afiliasi.
d) Pencapaian tujuan.
e) Kekuasaan. (Raymour, 2014)
2. Tahap
Pembentukan TIM KERJA
Pembentukan kelompok pada dasarnya merupakan
suatu rangkaian proses yang dinamis, terdiri dari beberapa fase yaitu :
a. Forming
(pembentukan)
Fase ini merupakan fase awal dimana keadaan
ketidakpastian akan tujuan, struktur dan kepemimpinan kelompok harus dihadapi.
Fase ini berakhir pada saat para anggota mulai berfikir bahwa diri mereka
adalah bagian dari sebuah kelompok
b. Storming
(merebut hati)
Fase ini dicirikan oleh adanya konflik intra
kelompok. Anggota menerima keberatan kelompok tetapi menolak pengendalian
kelompok oleh individu tertentu. Fase ini selesai manakala didapatkan hierarki
kepemimpinan yang relatif jelas di dalam kelompok.
c. Norming
(pengaturan norma)
Fase
ini menggambarkan adanya perkembangan hubungan dan kelompok menunjukkan adanya
kohesi (kepaduan). Fase ini berakhir dengan adanya struktur kelompok yang
semakin solid dan terjadi perumusan ayang benar dan diterima atas berbagai
harapan serta perilaku kelompok.
d. Performing
(melaksanakan)
Fase ini memperlihatkan fungsi kelompok
berjalan dengan baik dan diterima oleh anggota . Jadi di sini energi kelompok
sudah bergerak dari tahap saling mengenal dan saling mengerti ke pelaksanaan
tugas-tugas yang ada. Untuk kelompok yang relatif permanen, fase ini merupakan
fase terakhir dari fase perkembangan.
e. Anjourning
(pengakhiran)
Fase ini merupakan fase terakhir yang ada
pada kelompok yang bersifat temporer, yang di dalamnya tidak lagi berkenaan
dengan pelaksanaan tugas-tugas tetapi dengan berakhirnya rangkaian kegiatan. (Muzakki,
2016)
3. Beberapa
Masalah Utama Dinamika TIM KERJA
a. Kepemimpinan
Masalah kepemimpinan bersifat strategis
karena dapat menentukan efektif tidaknya proses kelompok.
b. Pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah
Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
biasanya merupakan inti dari tugas atau misi kelompok. Pengambilan keputusan
kelompok di dalam praktek biasanya lebih banyak sulitnya dari pada mudahnya..
c. Komunikasi
Kelompok merupakan kumpulan dari para
individu yang berinteraksi satu sama lain sehingga masalah komunikasi memegang
peran sentral.
d. Konflik
Perbedaan kepentingan dan harapan-harapan
yang ada di dalam kelompok boleh jadi tidak dapat dihindari. Hal ini berpotensi
menjadi konflik sehingga sasaran yang ditetapkan gagal dicapai atau bahkan bisa
membuyarkan kelompok itu sendiri. (admin, 2012)
4. Kriteria
Anggota TIM KERJA
1.
Analisis Pekerjaan, Analisis pekerjaan
merupakan suatu proses untuk menentukan isi suatu pekerjaan, sehingga pekerjaan
dapat dijelaskan kepada orang lain.
2.
Rekrutmen, Seleksi dan Orientasi, Tenaga
kerja yang diperlukan proyek dapat diperoleh dari salah satu atau beberapa
sumber, yaitu :
a)
Induk atau anak perusahaan (apabila proyek
dimiliki oleh kelompok perusahaan),
b)
Daerah sekitar lokasi dan tempat proyek,
c)
Sumber tenaga kerja nasional,
d)
Sumber tenaga kerja internasional-individual
expert, subcontracting, technical assistances, management assistances.
3.
Produktivitas, Produktivitas mengandug arti
sebagai perbandingan antara hasil yang dicapai(output) dengan keseluruhan
sumber daya yang digunakan (input).
4.
Pelatihan dan Pengembangan, Program latihan
dan pengembangan bertujuan untuk menutupi gap antara kecakapan karyawan dan
permintaan jabatan.
5.
Prestasi Kerja, Hasil penilaian prestasi
kerja karyawan dapat memperbaiki keputusan-keputusan personalia dan memberikan
umpan balik kepada karyawan tentang pelaksanaan kerja mereka.
6.
Kompensasi, Cara manajemen untuk meningkatkan
prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja para karyawan adalah melalui
kompensasi. Kompensasi dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang diterima
karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka.
7.
Perencanaan Karier
konsep
dasar perencanaan karier :
a)
Karier sebagai suatu urutan promosi atau
transfer ke jabatan-jabatan yang lebih besar tanggung jawabnya atau ke
lokasi-lokasi yang lebih baik selama kehidupan kerja seseorang.
b)
Karier sebagai petunjuk pekerjaan yang
membentuk suatu pola kemajuan yang sistematik dan jelas (membentuk satu jalur
karier).
c)
Karier sebagai sejarah pekerjaan seseorang
atau serangkaian posisi yang dipegangnya selama kehidupan kerja. (Jelaskan
tugas masing-masing anggota tim proyek., 2014)
Kalau Ingin Copas Dari Blog Ini Mohon Izin dengan Chat dan Komentar Di Bawah Ini, Karena Hanya untuk Postingan Ini Saya Di Marahin MAMA Tersayang. Klik Untuk Copas dan Melihat Artikel Secara Keseluruhan abizainurmuzakki@gmail.com
Daftar Pustaka
Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek. (2014, Juny 19). Retrieved Agustus 04, 2016, from
Theatre of tragedy:
https://mane3x.wordpress.com/tag/jelaskan-tugas-masing-masing-anggota-tim-proyek/
admin. (2012, July 14). Pentingnya Membangun Tim
Kerja Anda yang Efektif. Retrieved Agustus 04, 2016, from Ikhtisar.com –
Mempelajari Hal Besar dari Orang Besar:
http://ikhtisar.com/membangun-tim-kerja-yang-efektif/
Coroners, T. L. (2016, Juny 06). Kelompok dan
Tim Kerja. Retrieved Agustus 04, 2016, from Another Coroners:
http://lukmancoroners.blogspot.co.id/2010/06/kelompok-dan-tim-kerja.html
Muzakki, A. Z. (2016, Agustus 04). Pembentukan
Tim Kerja. Retrieved Agustus 04, 2016, from Share Ilmu Komputer:
http://shareilmukomputersekolahan.blogspot.co.id/
Raymour. (2014). Tim Proyek. Indonesia.
ABOUT ME
“Always
Be The Best”
Nama : Abi
Zainur Muzakki
TTL :
Blitar, 30 Juni 1998
Alamat : Rt.03 /
Rw.06, Dsn. Klece, Kec. Kademangan,
Kel. Kademangan, Blitar, Indonesia.
Sekolah : SMK ISLAM 1
BLITAR.
0 komentar:
Post a Comment