Dragonball Online Mouse Pointer Green PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK ~ Blogger Adalah Jendela Dunia

Thursday, 18 August 2016

PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK

PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK
Oleh : Abi Zainur muzakki (Kademangan, blitar)

A.     TARGET MARKET

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.              Daur hidup produk, Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.              Posisi persaingan perusahaan di pasar, Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3.              Situasi ekonomi, Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi. (Effendy, 2013)

B.     ERGONOMIS

1.      Sebagai tempat
Syarat ini telah diketahui sehingga bukan merupakan persoalan lagi.misalnya kita menjual minuman maka sudah barang tertentu pembungkusanya adalah dari botol atau plastik dan bukan dari kertas tempa untuk minum. (Admin, 2009)
2.      Dapat melindungi
Suatu barang sangat besar pengaruhnya terhadap penjuaalan,oleh karna itu perlu pembungkus yang dapat melindungi baik pada waktu masih di gudang,dalam pengankutan maupun pengendaraan di gudang. Bila kemasan mampu melindungi barang-barang tersebut maka kualitas bar ang-barang tersebut maka kualitas barang-barang akan lebih terjamin sehingga kelancaran penjual dapat di tingkatkan.
3.      Praktis
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
Dapat menimbulkan kesan biasanya pembungkus yang menrik otomatis bisa menimbulkan kesan.
4.      Ketepatan ukuran
 ketepatan ukuran disini yaitu suatu perusahaan harus memperhatikan antara kemasan produk dengan daya beli si pembali.
5.      Pengakuan
suatu perusahaan memperhatikan pengaruh kemasan terhadap kemasan terhadap biaya pengangkut. Bila kemasan tersebut berkesan berat maka biaya pengankutnya akan mahal, tapi apabila kemasan kecil maka biaya pengangkutnya akan berkurang.
6.      Menumbulkan harga diri
pembungkus  yang menarik secara otomatis akan dapat menimbulkan harga diri meskipun demikian kita harus memperhatikan masalah ini. (PACKING YANG BAIK, 2013)

C.     CIRI KHAS

Cara mengemas komoditas pertanian dan produk olahan dalam pengemas fleksibel dapat dilakukan dengan cara:
1)      Secara manual, dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat/mesin. Contohnya : membungkus tempe dengan daun atau plastik, kembang gula, membungkus teh dalam kemasan kertas, dan sebagainya.
2)      Semi mekanik, menggunakan tangan dengan dibantu peralatan tertentu, misalnya menutup botol kecap/minuman, penggunaan heat sealer untuk merekatkan plastik.
3)      Mekanis, dengan mesin kemas yang digerakkan oleh tenaga listrik/motor berkecepatan tinggi. Umumnya proses pengemasan bersamaan dengan proses pengisian bahan dalam satu unit mesin seperti pengisian botol minuman ringan, obat-obatan, dan sebagainya.
4)      Pemasaran kemasan ini akhir-akhir ini menjadi populer untuk mengemas berbagai produk baik padat maupun cair. Dipakai sebagai pengganti kemasan rigid maupun kemas kaleng atas pertimbangan ekonomis kemudahan dalam penanganan. (Indonesia, 2016)

D.    UKURAN

Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. (Admin, Product Packaging (Kemasan Produk), 2016)

E.     SPESIAL PACK

Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, berikut dengan penawaran promo yang menarik. (inforitel, 2016)

Kalau Ingin Copas Dari Blog Ini Mohon Izin dengan Chat dan Komentar Di Bawah Ini, Karena Hanya untuk Postingan Ini Saya Di Marahin MAMA Tersayang. 
 Klik Untuk Copas dan Melihat Artikel Secara Keseluruhan  


DAFTAR PUSTAKA

Admin. (2009, January 02). Produk Ergonomis. Retrieved from Kerajinan Tangan.
Admin. (2016, Agustus 18). Product Packaging (Kemasan Produk). Retrieved from Inforitel: http://www.inforitel.com/dpage.php?autoid=8854
Effendy, A. (2013, Oktober 13). MAKALAH KEWIRAUSAHAAN-Strategi Pasar dan pemasaran dalam Berwirausaha. Retrieved Agustus 11, 2016, from Blogger-Atika: http://atikapnb.blogspot.co.id/2013/10/makalah-kewirausahaan-strategi-pasar.html
Indonesia, W. B. (2016, April 06). Pengemasan. Retrieved from Wikipedia Bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan#Kemasan_Fleksibel
inforitel. (2016, Agustus 18). Product Packaging (Kemasan Produk). Retrieved from inforitel: http://www.inforitel.com/dpage.php?autoid=8854
PACKING YANG BAIK. (2013, May 13). Retrieved Agustus 11, 2016, from PACKING YANG BAIK: http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html

ABOUT ME



“Always Be The Best”
Nama                   : Abi Zainur Muzakki
TTL                     : Blitar, 30 Juni 1998
Alamat                 : Rt.03 / Rw.06, Dsn. Klece, Kec. Kademangan, Kel.        Kademangan , Blitar, Indonesia.
Sekolah                : SMK ISLAM 1 BLITAR.
                                                            

\

Facebook          : https://www.facebook.com/abizainurmuzakki
Twitter             : https://twitter.com/abizainurm



0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top