PENGEMASAN HASIL KERJA
PROYEK
Oleh : Abi
Zainur muzakki (Kademangan, blitar)
A.
TARGET
MARKET
Strategi pemasaran adalah pengambilan
keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi
pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi
persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.
Daur hidup produk, Strategi harus
disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.
Posisi persaingan perusahaan di pasar,
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan,
apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari
pasar.
3.
Situasi ekonomi, Strategi pemasaran
harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi
berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi. (Effendy,
2013)
B.
ERGONOMIS
1. Sebagai tempat
Syarat ini telah
diketahui sehingga bukan merupakan persoalan lagi.misalnya kita menjual minuman
maka sudah barang tertentu pembungkusanya adalah dari botol atau plastik dan
bukan dari kertas tempa untuk minum. (Admin, 2009)
2. Dapat melindungi
Suatu barang sangat besar
pengaruhnya terhadap penjuaalan,oleh karna itu perlu pembungkus yang dapat
melindungi baik pada waktu masih di gudang,dalam pengankutan maupun
pengendaraan di gudang. Bila kemasan mampu melindungi barang-barang tersebut
maka kualitas bar ang-barang tersebut maka kualitas barang-barang akan lebih
terjamin sehingga kelancaran penjual dapat di tingkatkan.
3. Praktis
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
Dapat menimbulkan kesan biasanya
pembungkus yang menrik otomatis bisa menimbulkan kesan.
4. Ketepatan ukuran
ketepatan ukuran
disini yaitu suatu perusahaan harus memperhatikan antara kemasan produk dengan
daya beli si pembali.
5. Pengakuan
suatu perusahaan memperhatikan pengaruh kemasan terhadap kemasan terhadap biaya pengangkut. Bila kemasan tersebut berkesan berat maka biaya pengankutnya akan mahal, tapi apabila kemasan kecil maka biaya pengangkutnya akan berkurang.
suatu perusahaan memperhatikan pengaruh kemasan terhadap kemasan terhadap biaya pengangkut. Bila kemasan tersebut berkesan berat maka biaya pengankutnya akan mahal, tapi apabila kemasan kecil maka biaya pengangkutnya akan berkurang.
6. Menumbulkan harga diri
pembungkus yang
menarik secara otomatis akan dapat menimbulkan harga diri meskipun demikian
kita harus memperhatikan masalah ini. (PACKING YANG BAIK,
2013)
C.
CIRI KHAS
Cara mengemas komoditas pertanian
dan produk olahan dalam pengemas fleksibel dapat dilakukan dengan cara:
1) Secara
manual, dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat/mesin. Contohnya :
membungkus tempe dengan daun atau plastik, kembang gula, membungkus teh dalam
kemasan kertas, dan sebagainya.
2) Semi
mekanik, menggunakan tangan dengan dibantu peralatan tertentu, misalnya menutup
botol kecap/minuman, penggunaan heat sealer untuk merekatkan plastik.
3) Mekanis,
dengan mesin kemas yang digerakkan oleh tenaga listrik/motor berkecepatan
tinggi. Umumnya proses pengemasan bersamaan dengan proses pengisian bahan dalam
satu unit mesin seperti pengisian botol minuman ringan, obat-obatan, dan
sebagainya.
4) Pemasaran
kemasan ini akhir-akhir ini menjadi populer untuk mengemas berbagai produk baik
padat maupun cair. Dipakai sebagai pengganti kemasan rigid maupun kemas kaleng
atas pertimbangan ekonomis kemudahan dalam penanganan. (Indonesia, 2016)
D.
UKURAN
Sesuaikan ukuran kemasan dengan
ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil
agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. (Admin,
Product Packaging (Kemasan Produk), 2016)
E.
SPESIAL
PACK
Tak lengkap rasanya menjual produk
dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli
melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen
hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special
pack dengan warna, desain, berikut dengan
penawaran promo yang menarik. (inforitel, 2016)
Kalau Ingin Copas Dari Blog Ini Mohon Izin dengan Chat dan Komentar Di Bawah Ini, Karena Hanya untuk Postingan Ini Saya Di Marahin MAMA Tersayang.
Klik Untuk Copas dan Melihat Artikel Secara Keseluruhan
DAFTAR PUSTAKA
Admin.
(2009, January 02). Produk Ergonomis. Retrieved from Kerajinan Tangan.
Admin. (2016, Agustus 18). Product Packaging (Kemasan Produk).
Retrieved from Inforitel: http://www.inforitel.com/dpage.php?autoid=8854
Effendy, A. (2013, Oktober 13). MAKALAH KEWIRAUSAHAAN-Strategi Pasar
dan pemasaran dalam Berwirausaha. Retrieved Agustus 11, 2016, from
Blogger-Atika:
http://atikapnb.blogspot.co.id/2013/10/makalah-kewirausahaan-strategi-pasar.html
Indonesia, W. B. (2016, April 06). Pengemasan. Retrieved from
Wikipedia Bahasa Indonesia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan#Kemasan_Fleksibel
inforitel. (2016, Agustus 18). Product Packaging (Kemasan Produk).
Retrieved from inforitel: http://www.inforitel.com/dpage.php?autoid=8854
PACKING YANG BAIK. (2013, May 13). Retrieved Agustus 11, 2016, from PACKING
YANG BAIK:
http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html
0 komentar:
Post a Comment