Download File Via Word dan Word2 (Nggak Berantakan)
MAKALAH
KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SMP
“Menjelaskan Fungsi
Kuadrat Dengan Menggunakan Tabel, Persamaan, dan Grafik”
Untuk memenuhi salah
satu tugas Kapita Selekta Matematika SMP Yang Diampu Oleh :
“ERIKA
SUCIANI, M.Pd”
|
|
|
Disusun Oleh :
1.
ABI ZAINUR
MUZAKKI NIM : 12204173246
2.
MIFTA NUR
ROHMAH NIM
: 12204173153
SEMESTER
1-C
JURUSAN TADRIS MATEMATIKA
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN TULUNGAGUNG 2017
PEMBAHASAN
Fungsi kuadrat merupakan suatu fungsi yang pangkat terbesar variabelnya adalah 2.
Mirip dengan persamaan kuadrat, namun berbentuk suatu fungsi.
Bentuk umumnya
adalah:
, dengan
suatu bilangan real dan
.
Contoh:
.
Dengan demikian,
,
Grafik/Kurva Fungsi Kuadrat
Jika digambarkan
pada koordinat Cartesius, grafik fungsikuadrat berbentuk parabola.
Parabola nya terbuka keatas jika
dan terbuka kebawah jika
.
Berikut
ini langkah-langkah dalam menggambarkan grafik/kurvanya:
Pertama,
tentukan titik potong
terhadap sumbu
, yaitu nilai
saat
. Dengan demikian, nilai titik potong ini merupakan akar-akar dari
persamaan kuadrat
.
Kemudian,
tentukan titik potong terhadap sumbu
, yaitu nilai
saat
.
Setelah
itu, tentukan sumbu simetrinya. Sumbu simetri merupakan garis yang membagi dua
parabola menjadi sama besar. Titik potong sumbu simetri terhadap sumbu
dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
Terakhir,
tentukan titik puncak (titik balik maksimum atau minimum) grafiknya. Titik puncak
merupakan titik di mana nilai
mencapai nilai maksimum atau minimum, sehingga parabola nya akan berbalik
arah.
Koordinat
titik puncak parabola adalah:
Di mana
D adalah diskriminan, yaitu
.
Setelah
mendapatkan titik-titik di atas, maka kita dapat menggambar grafik fungsi kuadrat
dengan menghubungkan titik-titik diatas dengan garis yang berbentuk parabola.
Agar
parabolanya terlihat lebih halus (smooth), kita dapat menghitung/menentukan titik-titik
lain yang dilewati oleh kurva/fungsi
.
Berikut
ini merupakan contoh grafik fungsi kuadrat
:
ContohSoal:
Jika
mempunyai nilai minimum
, tentukanlah nilai
.
Jawab:
Nilai minimum tersebut merupakan titik puncak
.
Nilai minimum tersebut merupakan titik puncak
Dengan demikian,
dengan menggunakan rumus titik puncak kita dapat:
Titik puncak=
.
Dengan demikian,
.
Hubungan
Diskriminan Grafik Fungsi Kuadrat
Jika pada
persamaan kuadrat nilai diskriminan dapat kita gunakan untuk mengetahui apakah akar-akarnya
riil, kembar, atau tidak mempunyai akar-akar riil, pada fungsi kuadrat kita dapat
menggunakan nilai diskriminan untuk mengetahui apakah grafiknya memotong sumbu
di dua titik yang berlainan, menyinggung sumbu
, atau tidak menyinggung ataupun memotong sumbu
.
Berikut
ini sifat-sifatnya:
Jika
merupakan diskriminan suatu fungsi kuadrat
, maka:
Jika
, maka grafik
memotong sumbu
pada dua titik yang berbeda
Jika
, maka grafik
menyinggung sumbu x pada satu titik.
Jika
, maka grafik
tidak memotong sumbu
.
Menyusun
Fungsi Kuadrat Baru
Kita
dapat menyusun fungsi kuadrat baru jika salah satu dari ketiga informasi ini diketahui,
yaitu:
A. Jika diketahui
melewati tiga
titik, yaitu
, dan
, maka bentuk fungsinya dapat diketahui dengan
mensubstitusikan nilai koordinat ketiga titik tersebut ke persamaan
. Dengan demikian, akan didapat tiga persamaan
linear dalam
, dan
. Selanjutnya, tentukan nilai
, dan
dengan
menggunakan metode eliminasi/substitusi.
B. Jika diketahui
memotong sumbu
di titik
dan
, serta melalui satu titik lain (
, maka bentuk fungsinya adalah:
. Titik ketiga, yaitu
digunakan untuk
mendapatkan nilai
pada bentuk
fungsi di atas.
C. Jika diketahui
melalui titik
puncak
dan satu titik
lain (
, maka bentuk fungsinya adalah
.
Contoh:
Tentukanlah bentuk fungsi kuadrat
yang memotongsumbu
padatitik
dan
, serta melalu ititik A
.
Tentukanlah bentuk fungsi kuadrat
Jawab:
Karena diketahui titik potong terhadap sumbu
dan melewati satu titik lain, maka kita dapat menggunakan bentuk
(2) di atas, yaitu
.
Karena diketahui titik potong terhadap sumbu
Dengan demikian:
Karena melewati
titik
, maka:
Jadi,
bentuk fungsi kuadratnya adalah
Soal non rutin
Buatlah grafik fungsi eksponensialJawab :
Titik potong terhadap sumbu x , terjadi jika y atau f(x) bernilai 0, sehingga :
Tidak ada nilai x yang memenuhi untuk f(x) = 0. Artinya titik potong terhadap sumbu x berada pada saat nilai x di negative tak berhingga.
Titik potong terhadap sumbu y, berarti x = 0
berarti titik potong terhadap sumbu y terjadi di titik ( 0, 7.389).
Titik bantunya bisa dilihat di tabel berikut :
Grafiknya adalah sebagai berikut !
Kelompok
17 TMT 1 – C
NamaAnggota
: 1. BurhanNurkhibatulloh (12204173036)
2.
Tri Wahyuni (12204173147)
KompetensiDasar
:
3.2 Menjelaskanpersamaankuadratdankarakteristiknyaberdasarkanakar –
akarnya
sertacarapenyelesaiannya
Persamaankuadratmempunyaibentukumum :
ax2
+ bx + c = 0 , a
R
B.
Akar – akarpersamaankuadrat
1.
Menentukanakarpersamaaankuadratdenganmemfaktorkan
a. Bentuk ax2 + bx =
0dapatdiubahmenjadi x (ax + b)
b. Bentukax2 + bx + c=0 dengan a =
1
ax2 + bx + c= 0 menjadi (x+m) (x+n)=0
dengansyaratm+n = b danmn=c
c.
Bentuk ax2 + bx + c=0dimana a
1
hasilnya
= b
sehinggabentukax2 + bx + c diubahkebentuk
ax2 + mx + nx + c = (ax2 + mx) (nx + c)
2.
Menentukanakarpersamaankuadratdenganrumusabc
X1,2=
C.
Karakteristikpersamaankuadratberdasarkanakar
– akarnya
1. Memilikisatuakartunggalapabiladiskriminan (D)
persamaankuadrattersebutsamadengan 0
Dimana D =
b2 – 4ac
2.
Memilikiduaakarberbedaapabila
D > 0
3.
Tidakmemilikiakar
real apabila D < 0
D.
Hasiljumlahdanhasil
kali akar – akarpersamaankuadrat
X1 + X2 =
X1 + X2=
4.2 Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpersamaankuadrat
v SoalRutin
1. Nyatakanpersamaan 2x2=3x+20
kedalambentukumumpersamaankuadrat, kemudiantentukannilaia,b,dan c
Penyelesaian:
2x2=3x+20
2x2-3x-20=0
Jadia=2, b= -3, c= -20
2. Tentukanakar-akardaripersamaan x2-7x+10=0
Penyelesaian:
X2-7x+10=0
(x-5)(x-2)=0
Jadix=5 atau x = 2
3. Tentukanhimpunanpenyelesaiandaripersamaan
3x2-4x-4=0
Penyelesaian:
3x2-4x-4=0
(3x+2)(x-2)=0
Jadi x=
atau x = 2
Hp={2,
}
v Soal Non Rutin
1. Diketahuiakar-akardaripersamaankuadrat
(p-2)x2+4x+(p+2)=0adalah α dan β. Jika α.β2+β.α2=
-20. Makanilai p adalah . . . .
Penyelesaian :
Ø
Pertamakitamenggunakanprinsippenjumlahandanperkalianakar-akar.
α+β=
α.β=
α+β=
α.β=
Ø
α.β2+β.α2= -20
α.β(β+α)= -20
substitusi =>
.
= -20
-4p – 8=
-20(p-2)(p-2)
-4p – 8= -20 (p2-4p+4)
-4p – 8= -20p2+80p
– 80
- 4p – 8 + 20p2 – 80p + 80 = 0
20p2
– 84p + 72 = 0
5p2
– 21p + 18 = 0
a=
5 , b = -21 , c = 18
Ø untukmencarinilai p,
kitagunakanrumusabc
P1,2 =
=
=
=
P1 =
, P2 =
Jadinilai p adalah 3 atau
2. Hasil kali semuaakar
real daripersamaan 2x2 + 3x + 4 = 2
adalah…
Penyelesaian :
2x2 + 3x + 4 = 2
Misalkan p =
p2 – 8 = 2p
p2 – 2p – 8 = 0
(p – 4) (p + 2) = 0
p = 4 atau p = -2
Karenaakarsuatubilangan real tidakmungkinnegatifmaka p
0 maka p = 4
2x2 + 3x + 4 = 2.4
2x2 + 3x + 4 – 8 = 0
2x2 + 3x - 4 = 0
X1 . X2 =
=
=
2
Jadihasil kali semuaakarreal samadengan -2
SUMBER
Salamah, Umi. 2012.
Matematika SMP/MTs.Solo : PT. TigaSerangkaiPustakaMandiri.
Subagyo, Aris, Agus,
S.Pd&Supriyanto, S.Pd. 2012. PanduanBelajarMatematika SMP/Mts. Yogyakarta
:Primagama Yogyakarta.
Hermanto, Eddy & Susianto, Bambang,
Ign. 2002. Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika. PT. Bina Prestasi Insani.
Gamma, Widya, Tim &Quantum Tim.
2016. Pemantapan Menghadapi SBMPTN 2017. Bandung : Yrama Widya.
0 komentar:
Post a Comment